Rabu, 08 Februari 2017

Penyebab Benjolan Di Payudara Pada Ibu Menyusui

Penyebab Benjolan Di Payudara Pada Ibu Menyusui - Waspada benjolan di payudara pada ibu menyusui berbahaya Jika tidak segera di atasi dengan cepat. Lalu apa penyebab benjolan di payudara pada ibu menyusui? Mari kita simak ulasanya berikut ini.

Gangguan pada payudara ketika menyusui. Dan kebanyakan dapat menghilang sendirinya. Akan tetapi ketika benjolan tersebut disertai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara kemungkinan itu telah terjadi peradangan pada saluran susu atau dikenal dengan istilah medisnya Mastitis. Mastitis adalah masalah umum yang dideritai oleh ibu menyusui. Mastitis ditandai dengan adanya peradangan pada jaringan susu yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Infeksi ini menimbulkan payudara membengkak dan terasa nyeri. Mastitis juga dapat menyumbat saluran susu sehingga ASI tidak bisa dikeluarkan yang berakibat pada timbulnya semacam benjolan atau kista berisi air susu. Mastitis cenderung terjadi pada salah satu payudara sehingga anda masih dapat menyusui dengan payudara sebelahnya.

Penyebab Benjolan Di Payudara Pada Ibu Menyusui 

Benjolan di payudara pada ibu menyusui dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti radang kelenjar susu, galaktokel, tumor jinak dan lain sebagainya. Pada radang kelenjar susu (mastitis) dapat memberikan gejala seperti terdapat gumpalan yang terasa nyeri di payudara, kulit kemerahan, nyeri pada payudara yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara serta demam.

Galaktokel merupakan kista yang berisi susu yang terjadi pada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Kista adalah ruang berisi cairan yang dibatasi sel-sel glandular. Kista terbentuk dari cairan yang berasal dari kelenjar payudara. Seperti kista lainnya, galaktokel tidak bersifat seperti kanker. Biasanya galaktokel tampak rata, benjolan dapat digerakkan, walaupun dapat juga keras dan susah digerakkan. Benjolan tersebut bisa diakibatkan karena sumbatan saluran air susu.

Hal Yang  Dapat Di Lakukan Ketika Terdapat Benjolan Pada Payudara Ketika Menyusui

Kondisi timbulnya benjolan pada bagian payudara selama masa menyusi tentu membuat ibu khawatir. Sebagian ibu mungkin akan dihantui dengan perasaan takut bila kondisi yang dialaminya akan mempengaruhi kualitas ASI dan bayinya.Penanganan yang perlu dilakukan sebelum ibu sempat pergi ke dokter? Simak berikut ini:
  1. Kompreslah payudara dengan menggunakan kantor berisikan air panas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perasaan nyeri atau ngilu yang mungkin dirasakan.
  2. Lakukan pemijatan dengan lembut dan perlahan. Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak kelapa untuk memijat.
  3. Lakukan pemijatan ke arah bagian putih. Untuk menjaga keamanan anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijatnya dengan perlahan.
  4. Setelah dipijat, tetap berikan ASI pada bayi meski dibagian yang terdapat dengan benjolan.
  5. Ketika menyusukan bayi, upayakan agar ibu dapat menekan dengan halus bagian yang menonjol ke arah puting.
Itulah Penyebab Benjolan Di Payudara Pada Ibu Menyusui. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan bisa membantu Anda. Terimakasih :)

Jika anda butuh pengobatan alternatif  Klik Disini>>http://www.bosgamat.com/





Baca juga artikel kesehatan lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar