Kamis, 16 Februari 2017

Penyebab Mata Bintitan, Gejala, Dan Mengobatinya


Penyebab Mata Bintitan, Gejala Dan Mengobatinya -  Apa itu mata bintitan? Mata bintitan adalah suatu kondisi dimana kelopak mata mengalami peradangan yang disebabkan oleh suatu bakteri dan menimbulkan rasa nyeri yang disertai munculnya nanah. Masalah pada mata yang memiliki nama kedokteran hordeolum tersebut, memiliki wujud yang menyerupai bisul dengan ukuran kecil ataupun besar.

Kondisi tersebut tidak perlu Anda khawatirkan, karena penanganannya tidak dengan tindakan bedah operasi malainkan hanya pengobatan jalan. Selain mengkonsumsi obat jalan dari dokter, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang akan kami bahas lebih dalam pada artikel kali ini.

Penyebab Mata Bintitan 

Pada umumnya mata bintitan dikarenakan oleh infeksi bagian akar atau pangkal bulu mata (folikel) yang ditimbulkan oleh banyak faktor yang akhirnya menimbulkan bulu mata tersebut terinfeksi bakteri. Terinfeksi bakteri ini tentu aja di karenakan kurangnya menjaga kebersihan mata. Selain itu, kelilipan juga bisa menjadi penyebab terjadinya mata bintitan. Ya, kelilipan debu atau benda asing lainnya ini bisa menyebabkan mata terinfeksi bakteri yang akhirnya terjadi peradangan yang diawali dengan rasa gatal di kelopak mata dan rasa nyeri di pinggir bagian kelopak mata. Oleh sebab itu, bila mata terasa gatal jangan langsung dikucek supaya tak terjadi infeksi. Apalagi kalau tangannya kotor, ini akan memudahkan bakteri menempel di mata kita. Cucilah tangan kita hingga Higienis dan hindari kucek-kucek mata. Cucilah muka kita dengan sabun untuk mempersihkan bakteri atau kuman di wajah kita terutama di pangkal bulu mata.


Gejala Mata Bintitan:
  • Munculnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata
  • Mata berair dan merah
  • Kelopak mata bengkak dan terasa nyeri
 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Bahan Alami
1. Bawang Putih
Tahukah Anda bahwa salah satu dari bahan-bahan dapur ini ternyata memiliki khasiat yang baik dalam mengobati mata bintitan secara alami. Nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih terbukti dapat mencegah peradangan berlanjut akibat bintitan pada mata.
Pembuatan bahan alami untuk mata bintitan kali ini yaitu dengan cara menghaluskan bawang putih yang telah dicuci bersih. Lalu, oleskan pada bagian mata yang bintitan. Hati-hati, jangan sampai bawang putih masuk ke bagian dalam mata karena akan menimbulkan rasa yang sangat perih.

2. Biji Ketumbar
Selain bawang putih, rempah-rempah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara pengobatan mata bintitan. Siapkan biji ketumbar sebanyak 2 hingga 4 sendok makan, lalu rebus dalam air hingga mendidih. Gunakan air rebusan biji ketumbar tersebut untuk mengobati mata bintitan secara alami dengan cara mengompreskannya. Gunakan waslap bersih dan kompres mata yang bintitan hingga air rebusan dingin.

 3. Kunyit 
tradisional ini juga memiliki khasiat yang baik dalam mengobati penyakit mata bintitan dengan cepat. Kandungan antibakteri serta anti inflamasi pada kunyit yang menjadi nutrisi utama dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada mata bintitan.
Pengobatan alami ini dapat Anda lakukan dengan cara menghaluskan kunyit lalu oleskan di bagian mata yang bintitan selaam 15 menit. Ulangi pengobatan mata bintitan menggunakan bahan alami ini sebanyak 2 kali dalam sehari, maka peradangan pada mata dapat segera teratasi.



4. Daun Jambu Biji

Tanaman yang satu ini memang terbukti memiliki khasiat yang beragam dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan mata bintitan secara alami.
Mengobati mata bintitan dengan bahan alami dengan daun jambu biji dapat dilakukan dengan menumbuknya hingga halus dan ditempelkan pada bagian kelopak mata yang mengalami bintitan.
Daun jambu biji juga memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan kunyit yaitu untuk mencegah timbulnya peradangan akibat mata bintitan.

5. Air Hangat
Penggunaan air hangat sebagai salah satu cara pengobatan alami mata bintitan dapat dilakukan dengan mengompreskannya pada bagian mata yang bengkak. Kompres air hangat dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

6. Daun Sirih
Bahan-bahan alami untuk mata bintitan yang juga dapat Anda gunakan adalah daun sirih. Daun sirih merupakan jenis tanaman dengan kandungan antisepktik yang terbukti ampuh dalam mengobati mata bintitan dengan cepat.
Cara pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan merebus 3 hingga 4 lembar daun sirih di dalam 2 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Air rebusan daun sirih itulah yang digunakan untuk mengompres mata bintitan. Lakukan pengobatan secara alami mata bintitan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Teh Celup
Jika Anda suka mengkonsumsi teh celup, sebaiknya jangan cepat-cepat membuanganya karena bahan alami tersebut masih dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata bintitan dengan cepat.
Gunakan teh celup bekas untuk mengompres kelopak mata yang mengalami bintitan. Cara pengobatan alami untuk mata bintitan ini dapat dilakukan sampai peradangan mengecil. Kandungan antioksidan dalam teh dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan keluhan yang mengganggu lainnya akibat bintitan.


Hai gan, kini telah hadir terbosan terbaru untuk mengobati mata bintitian secara alami dan aman tanpa efek samping. Sebagai solusinya yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal Eye Care Softgel. Mengapa demikian? Karena Eye Care Softgel ini merupakan obat herbal multikhasiat yang sudah terbukti mampu mengobati mata bintitan hingga tuntas. Obat Eye Care Softgel ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, dewasa, remaja dan lansia, Karena bahan yang digunakanya terbuat dari 100% bahan-bahan herbal alami pilihan tanpa zat kimia dan tidak menimbulkan efek samping negatif.

Untuk info lebih lengkapnya Klik Disini Obat Eye Care Softgel




Baca juga:

1 komentar:

  1. wih ternyata, tumbuhan yang ada di sekitar bagar rumahku ada manfaatnya ya

    BalasHapus